Monday, March 26, 2012

Arti sebuah nama - anakku

Mungkin untuk sebagian orang, arti sebuah nama itu tidak penting. Tapi menurut saya, nama merupakan salah satu bentuk do'a orang tua kepada anaknya. Jadi, saya benar-benar mencari nama dengan arti yang bagus sebagai do'a untuk masa depannya kelak (taelahhh,,gaya bener yaks.hehe). Maklumlah nama saya sendiri tidak memiliki sebuah arti, tapi tetap bagus dung (pasti bagus, kan yang ngasih nama orang tua (•˘⌣˘•))..


Sebelum mengartikan nama anak saya, terlebih dahulu mengartikan nama orang tuanya (saya dan suami, narsis dulu boleh dung.hehe). Nama saya 'ERMAYANI NOVIA', saya sudah googling beberapa kali dan akhirnya menemukan arti nama 'NOVIA'. Novia berarti 'Baru' dalam bahasa Latin, sedangkan 'ERMAYANI' tidak ada artinya (udah googling tapi malah menemukan akun Facebook sendiri,hehe). Nama 'ERMAYANI' memiliki arti tersendiri menurut orang tua saya.

Suamiku bernama 'INDRA WAHYUDI', nah, ini baru ada artinya ketika di'googling'. Berikut artinya :
INDRA : berkelana (Kawi) atau panca indera (Indonesia)
WAHYUDI : Selalu mendapat berkah (Arab)
Jadi, arti nama suamiku yaitu pengelana yang selalu mendapat berkah.Amien (bagus ya).

Awalnya sih ingin menamai anak dengan nama belakang suami (WAHYUDI), tapi kayanya cukup melekat di 'Bin' aja. Jadilah saya menamai anak 'SAKHA ALKHALIFI VIRENDRA' yang artinya Pemimpin yang baik, dermawan, mulia dan pemberani. Tapi menurut suamiku, nama 'SAKHA' seperti bahasa Hindi (Maaf bukan bermaksud SARA :)), kurang cocok dengannya,padahal ya itu kan bahasa arab (dasar masndut soktoy :p). Akhirnya dirubahlah nama depan si dede menjadi 'ARFAN ALKHALIFI VIRENDRA' yang artinya Pemimpin yang baik, mengetahui, mulia dan pemberani. Amien.

Ohya, harusnya nama belakangnya VIANDRA, singkatan nama ayah bundanya. Berhubung ga ada artinya jadi lebih memilih 'VIRENDRA', meleset dikit tak apa kan :D.
Berikut arti nama tersebut :
Sakha : Dermawan (Arab)
Arfan : Mengetahui (Arab)
Virendra : Mulia dan pemberani
Alkhalifi, Al : Awalan dari Al Qur'an yg artinya mulia, tampan, pintar + Khalifi : Anak laki-laki yang baik, sukses (Arab)

Semoga apa yang saya dan suami harapkan melalui pemberian nama ini bisa terwujud kelak. Amien.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

3 comments:

  1. hihi jadi pengen bikin curhatan nama anak-anakku juga mak Ermayani Novia..
    btw, gimana caranya sih supaya ada foto-foto artikel nongol di bawah situ gitu *kepo

    thanks ya emaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mari dibuat, Mak. Buat kenang-kenangan anak juga kan :D

      Pakai Linkwithin, Mak. Mo buat tutorial tapi kok ga sempet2, hehe

      sama2, Mak ^^

      Delete
  2. setuju, nama memang adalah doa kepada anak kita, jadi nama harus baik.

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...